04.25

ptk matematika

ABSTRAK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR SISWA KELAS II PADA SD NEGERI NO. 102004 TIGA JUHAR MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK

*
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang penerapan model pembelajaran tematik dalam perencanaan, pelaksanaan dan dampak dari penerapan pembelajaran tematik beserta faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran tematik di kelas rendah.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas di SD Negeri No. 102004 Tiga Juhar. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas dua sekolah dasar.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa guru di sekolah baik, sedang dan kurang memiliki kemampuan dalam menerapkan pembelajaran tematik. Kemampuan guru ini mengalami peningkatan selama dilakukan ujicoba tindakan. Aktivitas belajar siswa dalam kemampuan bertanya, mengeluarkan pendapat dan bekerjasama juga mengalami peningkatan seiring dengan semakin meningkatnya kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran tematik. Penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran yang dilakukan di setiap akhir ujicoba memperlihatkan peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tematik tidak hanya memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran di kelas tetapi juga meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran. Walaupun hasil yang diperoleh di tiap sekolah berbeda-beda. Perbedaan ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kualitas guru, karakteristik siswa, ketersediaan sarana dan prasarana serta faktor lingkungan seperti kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini juga menghasilkan model pembelajaran tematik yang bersifat generik. Artinya model pembelajaran tematik ini dimungkinkan untuk bisa diterapkan di sekolah lain yang minimal memiliki karakteristik yang sama dengan sekolah berkategori kurang.
Kata kunci : implementasi, pembelajaran, model, tematik, sekolah dasar



















DAFTAR ISI
Halaman
Lembar Pengesahan………………………………………………………………..i
Halaman Identitas…………………………………………………………………ii
Abstrak……………………………………………………………………………iii
Kata Pengantar……………………………………………………………………iv
Daftar Isi…………………………………………………………………………..v
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………1
A. Latar Belakang…………………………………………………………….1
B. Identifikasi Masalah……………………………………………………… 4
C. Pembatasan dan Rumusan Masalah….……………………………………4
D. Hipotesis Tindakan………………………………………………………...4
E. Tujuan Penelitian………………………………………………………….4
BAB II KAJIAN PUSTAKA……………………………………………………..6
A. Konsep Pembelajaran Tematik…..……………………………………….6
B. Psikologi Gestalt sebagai Landasan Pengembangan Pembelajaran tematik…………………….………………………………………………7
C. Perencanaan pembelajaran tematik……………………………………….8
D. Pelaksanaan pembelajaran tematik……………………………………….8
E. Mengevaluasi pembelajaran tematik……………………………………..9
BAB III METODOLOGI PENELITIAN ……………………………………….19
A. Objek Penelitian…………………………………………………………19
B. Seting/Lokasi/Subjek Penelitian…………………………………………19
C. Metode Pengumpulan Data………………………………………………19
D. Metode Analisis Data…………………………………………………….19
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN………………………...22
A. Hasil Implementasi Model pembelajaran tematik……………………….22
B. Uraian Penelitian Secara Umum…………………………………………22
C. Penjelasan per Siklus…………………………………………………….22
D. Pembahasan………………………………………………………………25
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN………………………………………….36
A. Kesimpulan………………………………………………………………36
B. Saran……………………………………………………………………..37

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………38

0 komentar: